SERTIFIKASI DRIVER B3

Sertifikasi Driver B3

Sertifikasi Driver B3 ~ Layanan jasa transportasi khususnya angkutan jalan kini semakin kompleks. Jenis kendaraan yang digunakan juga semakin beragam. Salah satunya adalah kendaraan pengangkutan jenis trailer yang di dunia industri digunakan untuk mengangkut Barang Berbahaya dan Beracun (B3) dan pendistribusian barang dari suatu wilayah ke wilayah lainnya. Agar barang yang diangkut dapat tiba dengan baik ditujuan, maka kendaraan pengangkut selain harus memenuhi kelayakan jalan, juga harus dikendarai oleh pengemudi yang kompeten, dengan dibekali pengetahuan, keterampilan dan sikap mengemudi yang baik.

Pengoperasian kendaraan trailer yang digunakan untuk pengangkutan Barang Berbahaya dan Beracun (B3) tentu saja memiliki unsur bahaya yang tinggi, mengingat potensi yang dapat ditimbulkan dari B3 tersebut. Tanda adanya penanganan khusus, maka tentu dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan, terutama akibat kelalaian pengemudi dalam menjalankan kendaraannya. Kecelakaan tidak lepas dari tiga faktor utama yaitu faktor manusia, kendaraan, dan lingkungan. Dari data kecelakaan yang terjadi, faktor kelalaian manusia (human error) memiliki kontribusi paling tinggi yaitu mencapai antara 80-90 persen dibandingkan faktor ketidaklaikan sarana kendaraan yang berkisar antara 5-10 persen, dan akibat kerusakan infrastruktur jalan (10-20 persen). Sehubungan dengan hal tersebut diatas diperlukan persyaratan yang ketat untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sesuai dengan golongannya masing-masing.

Oleh karena itu, dalam rangka mengasah kompetensi mengemudi para pengemudi/driver, diperlukan pelatihan berbasis kompetensi. Dalam pelatihan yang didesain ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif terkait bagaimana menjadi pengendara yang berwawasan safety and comfortable dengan kondisi lalulintas yang dinamis kepada peserta yang dalam kegiatannya di perusahaan menggunakan dan atau mengoperasikan kendaraan baik di dalam lingkungan perusahaan maupun di jalan umum.

Pelatihan sertifikasi driver b3  ini bertujuan untuk memberikan keterampilan, kemampuan, sikap, kesadaran, dan pengetahuan untuk :

  1. Memahami filosofi umum pengangkutan barang berbahaya
  2. Memahami klasifikasi barang berbahaya
  3. Memahami pelabelan dan penandaan pengangkutan barang berbahaya
  4. Memahami cara membaca dokumen pengngkutan barang berbahaya
  5. Memahami prosdur penyimpanan dan bongkar muat barang berbahaya termasuk ketentuan pengisina barang berbahaya kedalam kemasan
  6. Dapat melakukan verifikasi muatantidak melebihi kapasitas angkut
  7. Memahami keamanan barang berbahaya
  8. Memahami prosedur darurat terkait pengangkutan barang berbahaya
  9. Memahami prosedur pelaporan terkait kejadian(insiden dan kecelakaan) yang melibatkan barang berbahaya; dan
  10. Memahami peraturan nasional dan internasional terkait pengangkutan barang berbahaya.

MATERI PELATIHAN SERTIFIKASI DRIVER B3

  1. Filosofi pengangkutan B3 dan Klasifikasi B3
  2. Plakat, Label dan Marking B3
  3. Safety Data Sheet & Compatibility B3
  4. K3: Identifikasi Bahya dan Pelaporannya
  5. Tatacara penempatan B3 di Kendaraan Angkut
  6. Kapasitas kendaraan pengangkut B3
  7. Keamanan Bahan Berbahaya dan Beracun
  8. Tanggap darurat: Teori api dan tumpahan B3
  9. Defensive Driving: Smith System
  10. Peraturan terkait pengangkutan B3
  11. Ujian Kompetensi

Siapa saja yang harus mengikuti pelatihan sertifikasi Driver B3 ini;

Pelatihan ini sangat direkomendasikan diikuti oleh para pengemudi angkutan barang khususnya kategori B3 baik personal maupun dari perusahaan yang membutuhkan peningkatan kualitas pengemudi yang handal dan kompeten