GENERAL AFFAIRS PROFESSIONAL

General Affair

General Affairs~adalah supporting unit yang tanpanya perusahaan tidak bisa berjalan dengan sempurna. Banyak pekerjaan yang termasuk dalam dunia General Affairs, diantaranya adalah Building Maintenance, Car Maintenance, Insurance, Cleaning Service, Security, Canteen, RPTKA, Perizinan, Outsourcing, ATK, Kurir, Dll.
Karena cukup banyak pekerjaan tersebut, maka yang jadi permasalahan adalah bagaimana managemen pengaturan dan pelaksanaannya. Sekilas tampak remeh dan tidak heran apabila fungsi & tugas dari General Affair tidak dihargai oleh departement lainnya bahkan oleh pemilik modal/owner. Namun apabila tidak pandai-pandai dalam mengurusnya maka berbagai pekerjaan dalam General Affairs tidak akan jalan. Perusahaan akan rugi milyaran rupiah serta nama baik perusahaan apabila permasalahannya menyangkut ke khalayak umum. Karena pentingnya posisi General Affairs dalam implementasi dilapangan, Whitehouse Consulting mengadakan workshop dengan tema “How to be General Affairs Profesional” dimana peserta akan diajak bersama sama melihat lebih dalam lagi fungsi dan peran manajerial dari General Affair serta kewajiban yang harus dilakukan dalam mendukung visi&misi perusahaan.
Dengan mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat memahami fungsi manajemen kearsipan untuk terciptanya keseimbangan arsip dalam segi penciptaan, lalu lintas dokumen, pencatatan, penerusan, pendistribusian, pemakaian, penyimpanan, pemeliharaan, pemindahan dan pemusnahan arsip. Tujuan akhir manajemen kearsipan ialah untuk menyederhanakan jenis dan volume arsip serta mendayagunakan penggunaan arsip bagi peningkatan kinerja dan profesionalitas institusi atau lembaga dengan biaya yang efektif dan efisien.

Materi Pelatihan General Affair

  1. Tugas, Peran Serta & Tanggung Jawab General Affair
  2. Komunikasi Internal & Eksternal
  3. Implementasi Tugas (Rutin / Incidentil) serta Antisipasi & Penanganan Masalah yang timbul di General Affair
  4. Aspek & Ruang Lingkup pekerjaan di General Affair :
  5. Penanganan & Perawatan Bangunan & Gedung
  6. Kepengurusan Kendaraan Perusahaan
  7. Fasilitas Pool Car
  8. Insurance Management
  9. Pelaksanaan & Penanganan Kebersihan (Cleaning Service)
  10. Pelaksanaan & Penanganan Satuan Pengamanan (Satpam – Security)
  11. Penanganan Operator Telepon serta keluar masuk Tamu
  12. Pengelolaan Kantin
  13. Kepengurusan Tenaga Kerja Asing
  14. Management Perizinan serta Operasionalnya
  15. Outsourcing Management/Labour Suply (Tenaga Kerja Kontrak)
  16. Pengeloalaan & Penanganan Alat Tulis Kantor (ATK) Dll
  17. KPI untuk General Affair Operation

Pelatihan General Affair ini sangat dianjurkan bagi mereka Praktisi HR, GA, Building/Property Management serta semua orang yang berminat pada bidang GA.

Selama pelatihan General Affair akan sharing diskusi dengan Dra. MC. Maryati, MM
Instruktur merupakan pakar sekaligus praktisi yang memiliki kompetensi di bidang Manajemen Perkantoran. Menyelesaikan program S2 dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, saat ini aktif sebagai trainer di beberapa perusahaan lokal maupun berskala nasional. Penulis beberapa buku antara lain Born to Fight, Manajemen Perkantoran Effektif dan More Than Winner. Selain itu sebagai motivator pada pada acara Talkshow Interaktif di Stasiun Televisi dan Radio Lokal. Tenaga pengajar di beberapa perguruan tinggi. Sebagai penulis karya ilmiah, beberapa tulisannya dimuat di Surat kabar Kedaulatan Rakyat, Majalah Manajemen dan Jurnal Ilmiah Wahana.