JOB EVALUATION & JOB GRADING USING HAY SYSTEM

Hay System

Job Evaluation and Job Grading Using Hay System – Suatu organisasi dituntut secara terus menerus menyesuaikan strateginya, dalam rangka menghadapi tantangan untuk selalu dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan pemangku kepentingan utamanya yang terus berubah.

Penyelarasan strategi perusahaan mengharuskan proses penyelarasan terhadap seluruh sub sistem yang ada di organisasi termasuk struktur organisasinya sampai ke level jabatan (job). Untuk memastikan strategi tersebut dapat dieksekusi dengan baik maka setiap jabatan membutuhkan kejelasan misi termasuk kejelasan tanggung jawab, kejelasan dan keseimbangan kewenangan untuk dapat menjalankan tanggung jawab.
Salah satu pekerjaan Job Management adalah mengevaluasi setiap jabatan dengan menggunakan perangkat penilaian yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu model penilaian jabatan yang telah dikenal dengan Hay System, yang diperkenalkan oleh Edward Hay dan kini banyak dipakai serta dikembangkan oleh para ahli di seluruh dunia. Sistem evaluasi pekerjaan Hay merupakan kegiatan evaluasi atau kegiatan penilaian, bukan merupakan kegiatan ilmiah.

Sistem evaluasi ini dirancang untuk mengevaluasi pekerjaan, namun dalam prakteknya juga digunakan untuk mengukur hasil pelaksanaan.
Job Evaluation sangat diperlukan dalam menentukan sebuah bobot pemegang jabatan sebagai informasi untuk menetapkan job grading atau pangkat pemegang jabatan. Dari beberapa metode Job Evaluation yang ada, dalam pelatihan ini yang dipakai adalah metode logic analytical quantitative dengan memakai Compensable Point Factor.
Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pemahaman dengan metode langkah demi langkah pendekatan dari Desain Pekerjaan, Job Analysis, Job Evaluasi dan desain Grading Job.

Tujuan Pelatihan Hay System

  1. Peserta memiliki pengalaman praktis dalam mengidentifikasi kunci nilai tambah kegiatan dalam sebuah organisasi, terutama dalam praktek manajemen pekerjaan seperti mendefinisikan pekerjaan / peran konten dan area hasil kunci pekerjaan.
  2. Peserta mampu memahami keterampilan dan pengetahuan tentang menggunakan beberapa Metode Evaluasi Job dengan memberikan studi kasus untuk berlatih evaluasi berbagai pekerjaan pada tingkat dan fungsi yang berbeda
  3. Peserta mampu menganalisa informasi untuk mengidentifikasi elemen kunci dan menulis bermakna dan komprehensif Job Description, yang menekankan pada hasil akhir yang dibutuhkan oleh pekerjaan.
  4. Peserta mengetahui bagaimana menerapkan alat Pengukuran Kerja yang secara obyektif mengevaluasi dan mengakui pekerjaan dalam situasi bisnis yang berbeda.

Materi Pelatihan Hay System

  1. Pengantar Job Evaluation: Tinjauan Evaluasi kerja dalam manajemen sumber daya manusia
  2. Job Evaluation: membandingkan pekerjaan terhadap pekerjaan atau terhadap skala yang telah ditentukan
  3. Tujuan dan prosedur evaluasi pekerjaan
  4. Faktor-faktor dalam Evaluasi Jabatan
  5. Prosedur evaluasi dan job matrix level
  6. Job Structure
  7. Checklist untuk evaluasi pekerjaan
  8. Sistem evaluasi jabatan dengan sistem HAY
  9. Tiga Model Tabel Hay Guide Chart
  10. Detail komponen matriks panduan : I-P-O (K-PS-A)
  11. Job Profile dan model konsistensi factor
  12. Hubungan job evaluasi terhadap sebuah kompetensi jabatan dan kompetensi pejabat (JG/IG)
  13. Matriks jabatan versus total score penilaian
  14. Interpretasi Hasil Penilaian

Pelatihan Hay System ini sangat cocok bagi HR pofessionals or line managers who are required to prepare Job Descriptions in their organization for job evaluation, job grading design, salary structure design, performance management, or as part of effective human resource management.