METODOLOGI PELATIHAN (Sertifikasi BNSP)

Des 22, 2022 Sertifikasi
Metodologi Pelatihan

Sertifikasi metodologi pelatihan adalah proses verifikasi kemampuan seseorang dalam mengelola dan menyelenggarakan pelatihan dengan metode yang tepat dan efektif. Sertifikasi ini biasanya diberikan oleh lembaga atau asosiasi yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang pelatihan.

Untuk mendapatkan sertifikasi metodologi pelatihan, seseorang biasanya harus mengikuti program pelatihan yang telah ditetapkan oleh lembaga atau asosiasi terkait, serta menyelesaikan ujian yang diberikan untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan mereka dalam bidang tersebut.

Sertifikasi metodologi pelatihan dapat memberikan banyak manfaat bagi seseorang, di antaranya adalah:

  • Menunjukkan kompetensi dan keahlian dalam mengelola dan menyelenggarakan pelatihan.
  • Menambah nilai jual diri seseorang dalam dunia kerja, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang pelatihan.
  • Memberikan kepercayaan diri dan rasa percaya diri yang lebih tinggi bagi seseorang dalam menjalankan tanggung jawabnya.
  • Menambah peluang kerja dan kesempatan promosi bagi seseorang.

Sertifikasi metodologi pelatihan bisa diperoleh melalui program pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi terkait, atau dengan mengikuti program sertifikasi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau institusi lain yang memiliki keahlian dalam bidang pelatihan.

Sertifikasi metodologi pelatihan dapat memberikan banyak manfaat bagi para pelatih dan juga bagi organisasi/perusahaan yang menggunakan pelatih tersebut. Beberapa manfaat yang mungkin didapat dari sertifikasi metodologi pelatihan adalah:

  • Memberikan pengakuan dan validasi atas kompetensi dan keahlian sebagai pelatih. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa pelatih telah memenuhi standar dan kriteria yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi, sehingga dapat dianggap sebagai pelatih yang terpercaya dan kompeten.
  • Menambah keahlian dan keterampilan pelatih. Sertifikasi metodologi pelatihan biasanya mencakup program pelatihan yang memfokuskan pada teknik dan strategi mengajar yang efektif, sehingga pelatih dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diterapkan dalam pekerjaannya.
  • Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelatih. Dengan memiliki sertifikasi metodologi pelatihan, pelatih dapat memberikan kredibilitas tambahan kepada peserta pelatihan dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap kemampuan pelatih.
  • Menambah nilai tambah bagi pelatih. Sertifikasi metodologi pelatihan dapat meningkatkan nilai tambah pelatih di pasar kerja, karena pelatih yang memiliki sertifikasi tersebut dianggap memiliki keahlian dan kompetensi yang lebih tinggi dibandingkan pelatih yang tidak memilikinya.
  • Menambah keunggulan kompetitif organisasi. Organisasi yang menggunakan pelatih yang memiliki sertifikasi metodologi pelatihan dapat meningkatkan keunggulan kompetitifnya, karena dapat memberikan pelatihan yang lebih berkualitas kepada karyawan dan meningkatkan kinerja mereka.

Lembaga Diklat Profesi Bexpert Indoprima telah bekerjasama dengan beberapa Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah mendapatkan lisensi langsung dari BNSP untuk membantu organisasi/perusahaan anda memiliki tenaga trainer yang kompeten. Melalui Program Pelatihan dan Sertifikasi Metodologi Pelatihan, Calon Asesi akan di uji kompetensinya. Sehingga pelatihan dalam organisasi/perusahaan dikerjakan oleh trainer/instruktur yang betul-betul kompeten dibidangnya. Program ini dimaksudkan untuk memberikan rekognisi yang proporsional kepada trainer yang kompeten. Dengan demikian, baik trainer maupun pengguna jasa trainer akan diuntungkan.

Pada program sertifikasi metodologi pelatihan ini menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau yang disingkat dengan SKKNI, sedangkan SKKNI ini mengacu pada KKNI atau yang lebih dikenal dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. KKNI sendiri merupakan kerangka kualifikasi yang mampu menyandingkan, menyeimbangkan dan mengintegrasikan bidang pendidikan, pelatihan vokasi dan pengalaman kerja, sebagai pengakuan keterampilan kerja yang relevan, struktur pekerjaan di berbagai bidang. Mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Vokasi Nasional, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia mencakup sembilan tingkat kualifikasi yang meliputi sertifikat tingkat I sampai dengan sertifikat tingkat IX.

training jogja

Bekerja di Bexpert Indoprima sebagai Customer Relation Manager yang bergerak di Bidang jasa training khususnya di bidang HSE, Human Resources Management, Certification, etc