Teknisi K3 Listrik

Teknisi K3 Listrik ~ Ketika beroperasi dengan sistem listrik, keselamatan kerja menjadi hal yang sangat penting. Untuk memastikan perlindungan terhadap kecelakaan dan bahaya potensial yang dapat terjadi di lingkungan kerja, diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang tepat. Inilah mengapa pelatihan sertifikasi K3 Teknisi Listrik menjadi penting bagi mereka yang bekerja dalam bidang ini.

Pelatihan sertifikasi K3 Teknisi Listrik dirancang untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keselamatan kerja yang terkait dengan listrik. Peserta pelatihan akan mendapatkan pengetahuan tentang peraturan, standar, dan prosedur keselamatan yang berlaku di tempat kerja, serta praktik terbaik dalam pengoperasian dan pemeliharaan sistem listrik.

Salah satu manfaat utama dari pelatihan ini adalah kesadaran yang lebih baik tentang bahaya listrik dan bagaimana menghindari risiko yang terkait dengannya. Peserta pelatihan akan belajar tentang kejutan listrik, kebakaran, ledakan, dan efek lainnya yang dapat timbul akibat kecelakaan listrik. Mereka juga akan mempelajari cara mengidentifikasi situasi berisiko dan tindakan pencegahan yang harus diambil untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Selain itu, pelatihan ini juga akan membekali peserta dengan Materi-materi SKKNI 131 tahun 2019. Jadi baik materi maupun lingkup uji kompetensi yang akan dilaksanakan semua merujuk kepada SKKNI 131 tahun 2019. Isi dari SKKNI 131 tahun 2019 tersebut adalah sebagai berikut:

  • Menerapkan Peraturan Perundang-Undangan dan Ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pekerjaan Pembangunan Ketenagalistrikan
  • Mengelola Risiko Bahaya Listrik
  • Mengelola Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)
  • Menerapkan Persyaratan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada Pemeliharaan Instalasi Listrik di Pembangkitan
  • Menerapkan Persyaratan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pemeliharaan Instalasi Listrik di Jaringan Transmisi
  • Menerapkan Persyaratan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Pemeliharaan Instalasi Listrik di Jaringan Distribusi
  • Menerapkan Persyaratan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pemeliharaan Instalasi Listrik di IPTL
  • Menerapkan Persyaratan K3 pada Sistem Penyalur Petir
  • Menerapkan Persyaratan K3 pada Sistem Pembumian
  • Menerapkan Persyaratan K3 Listrik pada Ruang Khusus

Pelatihan sertifikasi K3 Teknisi Listrik tidak hanya bermanfaat bagi para teknisi listrik itu sendiri, tetapi juga bagi pengusaha dan organisasi di mana mereka bekerja. Dengan memiliki teknisi yang terlatih dengan baik dalam bidang keselamatan kerja, risiko kecelakaan dapat dikurangi secara signifikan. Hal ini akan membantu mengurangi biaya yang terkait dengan cedera pekerja, kerusakan peralatan, dan penurunan produktivitas. Selain itu, perusahaan yang memprioritaskan keselamatan kerja juga akan meningkatkan citra mereka di mata karyawan, mitra bisnis, dan masyarakat umum.

Pelatihan sertifikasi K3 Teknisi Listrik dapat diikuti oleh teknisi listrik yang ingin meningkatkan keahlian mereka, pemilik bisnis yang ingin memastikan keselamatan kerja yang lebih baik, dan juga individu yang tertarik untuk bekerja dalam bidang ketenagalistrikan. Sertifikat yang diberikan setelah berhasil menyelesaikan pelatihan ini akan menjadi bukti kompetensi dalam mengelola dan menjaga keselamatan sistem listrik.

PERSYARATAN UMUM PESERTA
1. Pendidikan minimal setingkat D3 jurusan Teknik atau elektro/listrik pengalam 2 tahun di bidang kelistrikan
2. Pendidikan SMK jurusan Teknik atau elektro/listrik pengalam 5 tahun di bidang kelistrikan
3. Memiliki sertifikat pelatihan
4. Sehat jasmani dan rohani

PERSYARATAN ADMINISTRASI
1. Fotocopy KTP sebagai WNI
2. Mengisi form Persyaratan Peserta Uji Kompetensi
3. Mengisi form unjuk kerja
4. Foto Copy ijazah terakhir
5. Foto Copy Portofolio, sertifikat kursus / pelatihan yang relevan
6. Foto Copy surat pengalaman kerja dari pimpinan perusahaan/atasan yang bersangkutan (ASLI).
7. Menyiapkan Curriculum Vitae terbaru
8. Menyiapkan bukti-bukti contoh pekerjaan terkini serta dokumen yang mendukung jenjang kualifikasi sebagai inspektur
9. Pas Photo 2X3 dan 3X4 masing masing 4 lembar ( background Merah)
10. Mengisi form Apl 01 dan Apl 02 (disediakan oleh LSP)

Dalam dunia kerja yang semakin kompleks, keselamatan dan keselamatan kerja adalah aspek yang tak dapat diabaikan. Pelatihan sertifikasi K3 Teknisi Listrik adalah langkah yang penting menuju perlindungan yang lebih baik bagi semua yang terlibat dalam operasi sistem listrik. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan ini, para teknisi listrik akan dapat bekerja dengan lebih percaya diri dan efektif, menjaga keselamatan diri mereka sendiri serta orang-orang di sekitar mereka, dan membantu menciptakan lingkungan kerja yang aman dan produktif.

By training jogja

Bekerja di Bexpert Indoprima sebagai Customer Relation Manager yang bergerak di Bidang jasa training khususnya di bidang HSE, Human Resources Management, Certification, etc

One thought on “TEKNISI K3 LISTRIK | BNSP Certification”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *