STAF REKRUTMEN DAN SELEKSI SDM

Des 26, 2022 HR Management, Sertifikasi
Staf Rekrutmen dan Seleksi SDM

Staf Rekrutmen dan Seleksi SDM ~ Skema sertifikasi Staf Rekrutmen Dan Seleksi (Recruitment And Selection Officer) ditetapkan untuk para praktisi manajemen SDM, yaitu Staf SDM yang khusus menangani administrasi proses rekrutmen (pengadaan SDM) dan proses seleksi, Proses rekrutmen dan seleksi SDM meliputi beberapa tahap, mulai dari menentukan kebutuhan SDM, menyebarkan informasi lowongan pekerjaan, menerima dan menilai lamaran, hingga menyelenggarakan tes dan wawancara dengan kandidat yang terpilih.

Tujuan dari proses rekrutmen dan seleksi SDM adalah untuk menemukan individu yang memiliki kemampuan, keahlian, dan kompetensi yang sesuai dengan posisi yang tersedia, serta cocok dengan budaya perusahaan atau organisasi tersebut. Selain itu Tujuan dari pelatihan kompetensi staf rekrutmen dan seleksi SDM adalah untuk meningkatkan kemampuan staf rekrutmen dan seleksi SDM dalam mengelola proses rekrutmen dan seleksi secara efektif dan profesional.

Tujuan ini dapat dicapai melalui beberapa langkah, seperti:

  1. Menyediakan informasi dan pengetahuan tentang proses rekrutmen dan seleksi SDM yang benar dan sesuai dengan standar yang berlaku.
  2. Meningkatkan kemampuan staf rekrutmen dan seleksi SDM dalam menggunakan teknik dan metode yang tepat untuk mencari, menilai, dan memilih kandidat terbaik.
  3. Membantu staf rekrutmen dan seleksi SDM untuk memahami bagaimana cara menilai kandidat dengan benar, dengan menggunakan kriteria yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi.
  4. Membantu staf rekrutmen dan seleksi SDM untuk mengelola proses rekrutmen dan seleksi dengan lebih efisien, sehingga dapat mempercepat proses penempatan kandidat yang terpilih.
  5. Membantu staf rekrutmen dan seleksi SDM untuk memahami bagaimana cara mengelola proses rekrutmen dan seleksi dengan lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kepuasan kandidat yang melamar pekerjaan di perusahaan atau organisasi tersebut.
  6. Membantu staf rekrutmen dan seleksi SDM untuk memahami bagaimana cara menjadi lebih profesional dalam mengelola proses rekrutmen dan seleksi, sehingga dapat memperbaiki citra dan reputasi perusahaan atau organisasi di mata masyarakat umum.

Peserta pelatihan ini terdiri dari staf yang bertugas di bagian rekrutmen dan seleksi di perusahaan. Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam mengelola proses rekrutmen dan seleksi calon pegawai baru, termasuk menentukan kriteria seleksi, menyiapkan berkas dan dokumen yang diperlukan, melakukan interview dan tes seleksi, dan lain-lain.

Selain itu, peserta pelatihan ini bisa berasal dari orang-orang yang bertugas di bagian sumber daya manusia (SDM) atau bahkan dari bagian lain di perusahaan yang memiliki tanggung jawab terkait dengan proses rekrutmen dan seleksi. Pelatihan ini bisa diikuti oleh peserta yang memiliki latar belakang dan tingkat pengalaman yang beragam, tergantung pada kebutuhan perusahaan.

Pelatihan ini bisa diikuti oleh staf yang sudah berpengalaman dalam bidang rekrutmen dan seleksi untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengetahuan mereka, atau juga bisa diikuti oleh staf yang baru mulai terlibat dalam proses rekrutmen dan seleksi untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang tersebut.

Untuk membekali para peserta/asesi dalam proses asessment maka diperlukan pembekalan terhadap unit kompetensi yang akan di ujikan, diantaranya;

  • Konsep Rekrutmen
  • Metode Rekrutmen
  • Proses Efektif Rekrutmen
  • Alat dan Teknik Seleksi
  • Tahapan dalam Seleksi
  • Pemahaman Unit Kompetensi (sesuai SKKNI nomor 149 tahun 2020):
    1. Menyusun Uraian Jabatan
    2. Melakukan Administrasi Jaminan Sosial
    3. Melaksanakan Analisis Beban Kerja
    4. Melakukan Proses Rekrutmen

training jogja

Bekerja di Bexpert Indoprima sebagai Customer Relation Manager yang bergerak di Bidang jasa training khususnya di bidang HSE, Human Resources Management, Certification, etc