SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN

Sistematika Penulisan Laporan

Sistematika Penulisan Laporan – Salah satu bentuk komunikasi adalah laporan tertulis. Tiap bagian atau departem perlu melaporkan segala aktivitasnya pada manajemen agar dapat tercipta kecepatan arus informasi untuk memudahkan pengambilan keputusan.
Laporan digunakan sebagai dasar perencanaan, pengaturan tugas, menggerakkan sumber daya, pengendalian, pengawasan dan pengambilan keputusan.
Sebagai alat komunikasi dan informasi, isi laporan harus singkat, jelas dan lengkap. Dengan demikian semua pihak yang terlibat dapat memanfaatkan laporan tersebut secara optimal. Kemampuan dan pengetahuan sistematika penyusunan suatu laporan yang efektif sangat dibutuhkan. Menyeleksi informasi untuk kemudian disusun sebagai suatu laporan sangatlah esensial.
Laporan yang disusun secara cepat dan tepat, merupakan informasi yang dapat dipakai untuk menyusun kegiatan lanjutan dan pengambilan keputusan bagi manajemen.

Kendati laporan adalah alat komunikasi yang penting, tidak banyak orang yang menyukainya dan mampu membuatnya. Dalam pelatihan sistematika penulisan laporan ini akan dibahapENULISAN lAPORANs prinsip-prinsip menulis laporan dan cara penerapannya. Teknik penggunaan waktu secara ekonomis, akan dibahas agar dihasilkan laporan yang ringkas, jelas, informatif dan efektif.

Tujuan Pelatihan Sistematika Penulisan Laporan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat:

  • Menyusun laporan tertulis secara efisien dan efektif
  • Menyusun fakta ke dalam informasi yang logis dan jelas
  • Merangkum inti masalah tanpa menghilangkan maknanya
  • Membantu pembaca memahami pokok masalah, sehingga mampu mengambil keputusan efektif

Outline Materi Pelatihan

  1. Tinjauan berbagai jenis laporan
  2. Analisis, pengum Pengantar penyusunan laporan efektif
  3. Tinjauan berbagai jenis laporan
  4. Analisis, pengumpulan dan seleksi data serta informasi
  5. Menyusun sebuah laporan efektif
  6. Gaya bahasa dan penulisan
  7. Peran bahasa dalam laporan
  8. Menyusun dan menyajikan laporan
  9. Pemeriksaan dan koreksi laporan
  10. Pengembangan diri sebagai penyusun laporan

Siapa yang harus ikut dalam pelatihan Sistematika Penulisan Laporan ini?

Peserta yang diharapkan berpartisipasi dalam program pelatihan ini adalah Manajer dan staf fungsional (Pemasaran, Produksi, Keuangan dan Sumber Daya Manusia) yang bertanggung jawab pada kegiatan penyusunan laporan.