Pengolahan Database dengan Microsoft Excel

Pengolahan database dengan microsoft excel

Pengolahan Database  – Selama ini Microsoft Excel dianggap sebagai software pengolah data angka yang komprehensif dan sangat powerful, banyak user dari berbagai departemen di perusahaan, seperti SDM, marketing, atau Humas yang menggunakan Excel untuk beragam proses pengolahan data dalam pekerjaan mereka sehari-hari.

Namun demikian, sesungguhnya masih banyak fungsi dan fasilitas Excel yang belum digali dan diaplikasikan dalam praktek pengolahan data, khususnya sebuah database bank yang kompleks (banyak variabel) dan berjumlah besar.
Pelatihan Advanced Microsoft Excel ini dibagi menjadi tiga bagian dengan tujuan peserta dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja mereka dalam menyajikan laporan dan memberi rekomendasi atas hasil pengolahan datanya. Bagian pertama adalah penguasaan atas beberapa fungsi dasar, seperti fungsi logika atau statistik; bagian kedua berkaitan dengan pembuatan tabel yang meringkas data dan menyajikannya secara lebih komprehensif. Sedangkan bagian ketiga membahas beragam fasilitas What-If Analysis yang sangat membantu dalam analisis data perbankan dengan jumlah variabel besar, dan batasan analisis (constrain) yang cukup banyak.

Setelah pelatihan ini, diharapkan peserta akan dapat memahami beragam fasilitas Excel tingkat lanjut yang ada dan menggunakannya dalam analisis data mereka, sehingga kinerja dan produktivitas mereka akan meningkat.

Tujuan Pelatihan Pengolahan Database dengan Microsoft Excel

  • Membekali peserta dengan pemahaman pentingnya menguasai ketrampilan Excel tingkat lanjut untuk pengolahan database (data customer, data nasabah, data SDM, data dll)
  • Membekali peserta dengan kemampuan menggunakan fungsi-fungsi logika, keuangan dan statistik dalam analisis database
  • Membekali peserta dengan kemampuan membuat Pivot Table dan Pivot Chart untuk meringkas data dalam bentuk tabel dan grafik
  • Membekali peserta dengan kemampuan analisis What-if dengan tools Goal Seek, Data Table, Solver, dan Scenario Manager.

Outline Materi Pelatihan Pengolahan Database dengan Microsoft Excel

  1. Menggunakan Fungsi-Fungsi Logika dalam Analisis Database
  2. Menggunakan Fungsi Keuangan dalam Analisis Database
  3. Menggunakan Fungsi Statistik dalam Analisis Database
  4. Teknik Validasi Data dan Conditional Formatting
  5. Menggunakan Fungsi VlookUp danHLookUp
  6. Membuat Pivot Tables dari Database
  7. Membuat Pivot Charts dari Database
  8. Membuat Grafik di Tabel dengan Fasilitas Sparklines
  9. Membuat Dashboard Reporting dengan Fasilitas Slicer
  10. Menggunakan What-If Analysis: Goal Seek
  11. Menggunakan What-If Analysis: Data Table
  12. Menggunakan What-If Analysis pada Data Kompleks: Solver
  13. Menggunakan What-If Analysis: Scenario Manager

Siapa saja yang harus ikut dalam pelatihan Pengolahan Database dengan Microsoft Excel ini?

Peserta yang diharapkan berpartisipasi dalam program pelatihan ini adalah karyawan setingkat staff atau supervisor pada semua departemen, yang menggunakan Microsoft Excel dalam kegiatan pengolahan data mereka.

*Peserta diharapkan membawa laptop sendiri

Instruktur pelatihan Pengolahan Database dengan Microsoft Excel

Nurwahid, ST (Mr. Kidz)
Merupakan associate trainer yang memiliki pemahaman mendalam pada aplikasi Ms Office. Beliau berpengalaman dalam bidang pengajaran bidang Microsoft Office, khususnya pada optimasi Ms. Excel. Pengalaman sebagai instruktur diantaranya sebagai instruktur pada beberapa kegiatan pembelajaran bidang aplikasi Ms Excel di Bank Indonesia.